Catat! Manfaat Teh Hijau Untuk Pencegahan Kanker

manfaat teh hijau
Apakah anda mengetahui fakta yang mengejutkan ini, bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko yang lebih kecil terhadap kanker dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsinya. Ini pun sudah dibuktikan dengan beberapa studi klinis yang dilakukan.


Anda tahu, teh hijau cukup terkenal selama bertahun-tahun, dimana sejak jaman dahulu, orang cina kuno diketahui senang mengkonsumsi teh hijau karena berbagai manfaat kesehatan yang dikandungnya.

Di masa ini, lebih banyak orang-orang yang mulai senang mengkonsumsi teh luar biasa ini. Berdasarkan data statistik yang ada, tingkat penyakit kanker di sejumlah negara-negara yang masyarakatnya mengkonsumsi teh hijau dilaporkan jauh lebih rendah. Kandungan polifenol pada teh hijau diketahui efektif melawan sel-sel kanker yang tumbuh.

Ketika dilakukan eksperimen pada hewan, sudah dibuktikan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi pembentukan tumor tertentu pada kulit, kandung kemih, kerongkongan, ovarium, pankreas dan bahkan prostat. Hasil eksperimen menyebutkan, ini karena sifat antioksidan pada teh hijau. Senyawa EGCG atau epigallocatechin adalah polifenol utama yang memiliki anti kanker dan anti-inflamasi. Polifenol lain juga memiliki kandungan yang sama yang dapat mencegah kanker kulit dan tumor kulit.

Pertumbuhan sel kanker pada kerongkongan bisa saja terjadi, tetapi dengan meminum teh hijau, maka pertumbuhan sel kanker tersebut dapat ditekan. Meskipun demikian, penelitian tentang kanker kerongkongan menunjukkan hasil yang berbeda. Ada beberapa tes yang dilakukan pada beberapa wanita untuk meminum teh hijau yang di proteksi dari kanker kerongkongan, sementara kelompok lain dibiarkan. Hasilnya ternyata tidak terlalu bagus dan perlu diadakan penelitian lebih lanjut.

Sekali lagi, para peneliti melakukan penelitian untuk mencoba membuktikan apakah ada kaitan antara konsumsi teh dan pengaruhnya terhadap kanker kandung kemih. Penelitian ini membuktikan bahwa ternyata mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah kanker kandung kemih. Penelitian lain juga menunjukkan teh hijau berperan dalam menurukan berat badan bagi mereka yang rutin mengkonsumsi setiap hari. Jadi, jangan lupa memasukkan teh hijau kedalam menu diet anda.

Organ vital anda yang lain, pankreas, juga mendapatkan keuntungan dari sifat anti kanker yang terdapat pada teh hijau. Baik pria dan wanita yang mengkonsumsi teh hijau memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk melawan sel kanker pada pankreas.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum mereka dapat merekomendasikan teh hijau sebagai alternatif pencegahan kanker pankreas. Penelitian lainnya terhadap kaitan antara kanker ovarium dan konsumsi teh hijau dilakukan di Cina. Hasilnya menyebutkan, mereka yang rutin meminum secangkir setiap hari lebih mampu bertahan hidup.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bagaimana teh hijau mampu mencegah kanker prostat pada pria. Penelitian ini dilakukan di laboratorium dengan melakukan uji tabung untuk melihat reaksi dari kanker terhadap teh hijau. Sejauh ini, penelitiaan terhadap kaitan teh hijau dengan berbagai jenis kanker memberikan efek yang positif. Artinya, ada peningkatan yang signifikan terhadap pencegahan kanker yang telah disebutkan diatas ketika mengkonsumsi teh hijau. Jadi, tingkatkan kuantitas, frekuensi serta lamanya anda mengkonsumsi teh hijau untuk pencegahan kanker. Namun, jangan lebih dari 4 gelas sehari.

Kanker selalu menjadi masalah kesehatan di berbagai kelompok usia yang berbeda. Selama bertahun-tahun, para dokter dan ilmuwan telah berjuang untuk melawan kanker dan pada akhirnya, mereka berhasil menemukan obat yang cukup ampuh dan tidak mahal. Jadi, ketika anda masih muda dan sehat, pastikan anda mengkonsumsi teh hijau setiap hari. Jadinkan minuman nikmat ini bagian dari rencana diet anda, meskipun anda tidak ingin berdiet saat ini. Ada banyak manfaat yang dikandung teh hijau dan jika anda ingin sehat, mulailah mengkonsumsi teh hijau sekarang.